Trik Menyusun RPP
Memang RPP itu harus dibuat oleh seorang guru, tetapi kebanyakan guru berkeinginan untuk mengambil jalan singkatnya. Pada postingan kali ini saya mencoba membantu anda yang ingin membuat RPP sendiri.
Sebelum anda membuat RPP terlebih dahulu anda menyiapkan beberapa bahan yaitu :
1. Kalender Pendidikan
2. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD)
3. Pembagian jam sesuai dengan sekolah anda
4. Membuat Program Semester atau Program Tahunan
Jika 4 point di atas telah anda siapkan maka langkah berikutnya adalah membuat Silabus.
Didalam sebuah silabus harus terdapat :
Identitas Silabus
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Ingat... Silabus harus anda buat sendiri. Bila anda menemukan silabus milik sekolah lain, maka belum tentu silabus tersebut dapat dipakai pada sekolah anda. Karena beberapa hal ada yang harus berbeda antara silabus sekolah anda dengan sekolah lain. Perbedaan tersebut biasanya terdapat pada Indikator, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Penilaian, Alokasi Waktu dan Sumber Belajar.
Kenapa berbeda? Karena menyesuaikan dengan kondisi sekolah, kurikulum, fasilitas sekolah, dukungan lingkungan dan lainnya. Oleh karena itu anda harus membuat silabus sendiri dan nantinya pada akhir tahun pelajaran silabus dievaluasi agar ketercapaian Standar Kompetensi maupun Kompetensi Dasar termonitor.
Silabus sudah anda buat dan sekarang tinggal membuat Rencana Proses Pembelajaran (RPP). RPP dibuat untuk tiap Kompetensi Dasar. Misal dalam 1 Standar Kompetensi terdapat 3 Kompetensi Dasar, maka RPP yang dibuat sebanyak 3 buah. Kenapa RPP dibuat berdasarkan Kompetensi Dasar? Hal ini disebabkan karena dalam Program Semester telah ditentukan berapa jam atau berapa kali pertemuan untuk menyampaikan materi tersebut.
Berikut beberapa penjelasan dalam membuat sebuah RPP.
RENCANA PROSES PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : (Sesuai dengan silabus)
Kelas/Semester : (Sesuai dengan silabus)
Pertemuan Ke : (Sesuai dengan Program Semester)
Alokasi Waktu : (Sesuai dengan silabus)
Standar Kompetensi : (Sesuai dengan silabus)
Kode Standar Kompetensi : (Sesuai dengan silabus)
Kompetensi Dasar : (Sesuai dengan silabus)
Indikator : (Sesuai dengan silabus)
I. Tujuan Pembelajaran :
Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD atau Indikator yang telah ditentukan. (Lebih rinci dari KD dan Indikator, pada saat-saat tertentu rumusan indikator sama dengan tujuan pembelajaran, karena indikator sudah sangat rinci sehingga tidak dapat dijabarkan lagi)
II. Materi Ajar
Materi ajar merupakan penjabaran materi pembelajaran di dalam silabus, yang dituliskan dlm bentuk materi pokok/inti
III. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang akan digunakan, Mempertimbangkan aktifitas siswa. Penentuan metode disesuaikan dg materi yg akan ditransfer.
IV. Langkah Pembelajaran
Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri atas kegiatan awal, inti, dan akhir. Kegiatan inti lebih menekankan pada kegiatan siswa
Pertemuan Pertama
- Kegiatan Awal
- ............................................................
- ............................................................
- ............................................................
- Kegiatan Inti
- ............................................................
- ............................................................
- ............................................................
- Kegiatan Akhir
- ............................................................
- ............................................................
Pertemuan Kedua
A. Kegiatan Awal
B. Kegiatan Inti
C. Kegiatan Akhir
Dan Seterusnya
V. Bahan/Sumber Belajar
Bahan/sumber belajar yang dituliskan mengandung pesan yg dpt dimanfaatkan untuk memberikan pengalaman belajar. Dapat berupa nara sumber, buku, media non buku, teknik (konsepsi sebuah proses atau produk teknologi) dan lingkungan
VI. Alat
VII. Penilaian
Diisi dengan penilaiaan yang tertuang pada silabus dan dapat terdiri Dari test pengetahuan, keterampilan dan sikap
Dengan postingan saya diatas mungkin dapat membantu anda dalam menyusun sebuah RPP. Bagaimana pendapat anda? Apakah perlu penambahan dengan model RPP di atas?
Thanks Sob...